Sabtu, 28 November 2009

Pengertian Komputer




Komputer adalah sekelompok mesin yang saling bekerja sama untuk bekerja secara cepat, terintegrasi, sistematis dan terkoordinasi penuh di bawah kontrol program yang tersimpan di dalam memorinya dan berhubungan dengan pemrosesan informasi .
Definisi lainnya menjelaskan komputer sebagai alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendir. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.




Perangkat Komputer dibedakan menjadi 2 bagian , yaitu :

- Perangkat Keras Komputer (Hardware) 

Adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Komputer terdiri dari banyak elektrik, elektronik, dan komponen mekanik yang terkenal dengan sebutan Hardware.

- Perangkat Lunak Komputer (Software) 

Adalah sekumpulan perintah yang dijalankan (dieksekusi) oleh program komputer . Program komputer ini merupakan susunan logika untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu di komputer. Perangkat lunak ini melibatkan berbagai komponen dalam komputer seperti sistem operasi , program data yang disimpan atau dibaca . Logika yang ada dalam perangkat lunak tersebut disusun sedemikian rupa sehingga komputer tersebut dapat memahami dan menjalankan perintah tersebut.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com